Urutan Kepangkatan PNS

Friday, May 27, 2016

Pengertian Paham dan Aliran



Paham dan aliran, adalah dua kata yang sering diucapkan dengan maksud yang sama, seakan tiada beda. Karena memang keduanya sama-sama mengandung makna adanya suatu pemikiran yang dianut oleh sebagian orang dalam sebuah komunitas atau kelompok tertentu. Namun demikian ada sisi perbedaan dalam dua kata tersebut.
Kata paham lebih berkonotasi pada suatu alur pemikiran yang menganut prinsip tertentu, tidak terorganisir dan tidak memiliki pimpinan pusat, meskipun mereka memiliki tokoh sentral yang menjadi figure paham tersebut. Biasanya, pengikut suatu paham tertentu, adalah orang-orang yang kritis, senang berfikir, terbuka dan menyambut baik adanya dialog-dialog. Walaupun tidak selalu demikian.
Sedangkan kata Aliran, lebih menekankan pada suatu pemahaman yang terorganisir, ada ketua, pengurus serta anggotanya, mempunyai aturan-aturan tertentu dan biasanya para anggotanya hanya bias taklid buta dan mengiyakan semua yang dikatakan pemimpinannya, tanpa reserve. Dan biasanya pengikut suatu aliran tertentu adalah orang-orang yang berdoktrin pikirannya, tidak suka dialog, serba dogmatis, anti kritik dan cenderung merasa paling benar.