Urutan Kepangkatan PNS

Tuesday, March 28, 2017

MASA KEHANCURAN BANI ABASIYAH


1.    Faktor Penyebab Munculnya Pemberontakan Masa Abasiyah
Pemberontakan  terjadi  hampir  di setiap pemerintahan  termsuk  pada  masa pemerinta
han Abasiyah. Gambaran terjadinya pembrontakan masa Abasiyah  iu dapat  disimpulkan
dalam beberapa  point sebagai  berikut ;
a.Perebutan Kekuasaan
b.Balas  Dendam
c.Praktek Perilaku Amoral dari khalifah  dan  pembesar  istanah
d.Sistem Peralihan Kekusaan Monarchi
e.Ketidak puasan Mayarakat  terhadap pelayanan pemerintah
                       
Perebutan  kekuasaan dalam masa pemerintahan Abasiyah terjadi sejak dua  putra Harun  al Rasyid ditetapkan sebagai  khalifah pengganti  bapaknya. Apakah putra mahkota          al Amin  atau adiknya  al Makmum pada  satu  tahun  berjalan. Dalam masyarakat Islam , Abasiyah terjadi saling menjagokan masing-masing calon. Di  satu pihak ada  yang menjagokan  Al Amin , dipihak yang lain ada  juga  yang menjagokan Al  Makmum sebagai khalifah. Kondisi  ini terjadi  sampai stu  tahun berjalan  baru pemerintah dapat memutuskan  Al Amin menjadi  khalifah  ke 6, selanjutnya   al  Makmum  menjadi  khalifah ke 6  setelah al Amin. Dalam  sejarah perkembangan  bani Abasiyah disebutkan  sebagai awal perebutkan kekuasaan  di  bani Abasiyah
 
2.    Faktor  Penyebab Runtuhnya Bani Abasiyah
Faktor Kehancurnya  Abasyah di sebabkan oleh dua  factor  besar,yaitu  factor internal dan  eksternal ;
a.    Faktor Internal
Perebutan kekuasaan  berkepanjangan dalam  istana  Abasiyah menimbulkan preseden buruk dari masyarakat. Ditambah  dengan perilaku  amoral  yang ditunjukan  oleh para  khalifah dan pembesar istana mulai darikhalifah 10 dan seterusnya. Perebuatan   kekuasaan bagi sebuah kerajaan yang memakai pola pengangkatan kepemimpinan, “monarchi oriented”. Adalah sebuah  kenistaan,  karena putra mahkota  yang lebih dari satu  tidak  akan pernah memberi ruang bagi sesama  kandidat. Dan  hal  itu  terjadi  hampir  di semuah kerajaan Islam mulai  dari Umaiyah  1, Abasiyah, Umaiyah 2 Andalusia, Turki Usmani, Persia dan Mughal India. Praktek-praktek amoral  yang  dilakukan oleh  khalifah  adalah  setiap ahir tahun berjalan, dengan  mengadakan acara – acara  serimonial di  istana  untuk menghibur  khalifah  dan para pembesar istana dengan  alasan refresing. Yang  terjadi adalah  mendatangkan para wanita-wanita penghibur  dan membeli berbagai macam minuman keras dengan berbagai merek dari negara-negara barat. Tujunnya adalah unuk menghibur  para  khalifah  dan pembesar  yang bekerja  setahun penuh. Pertanyaannya  adalah ,apakah tidak  ada cara lain untuk menghibur khalifah  dan  para pembesar selain  yang  amoral tersebut ? Kenyataan  dalam  sejarah bahwa, acara-acara  tesebut  yang  dipraktekan  secara  rutin oleh para  pembesar  istana. Akibatnya  adalah  bisa  dibayangankan bahwa  masyarakat  benci kepada para khalifah dan pembesar. Kebencian terhadap pemerintahan Abasiyah  itu merata hampir  di semuah wilayah Abasiyah, puncak ketidaksenangan mansyarakat itu  adalah banyak  wilayah yang lepas dan minta  merdeka  dari pusat pemerintahan Abasiyah,. 
Dalam sejarah Islam kondisi ini disebut masa disiintegrasi. Kondisi  semacam inI puncaknya terjadi pada abad ke  X M, sehingga ketika terjadi Perang  Salib  pertama abad ke X, umat  Islam  tidak  dapat menahan serangan pasukan Salib dan  kalah dalam perang.    
   
b.   Faktor Eksternal
505  tahun perjalaan bani Abasiyah memberikan  pengaruh besar terhadap perkembangan Peradaban dunia, terutama pada periode klasik atau abad pertengan.Tumbuh pesatnya ilmu pengetahuan pada  abad  pertengan tersebut menyebabkan umat  Islam lengah dan selanjutnya menjadi hancur. Ada beberapa proses yang menyebabkan umat  Islam menajadi lemah  dan  kemudian  hancur dari luar ;
1.      Wilayah Abasiyah yang terlalu luas
Luasnya wilayah Abasiyah menyebabkan banyak wilayah yang secara  geofrafis jauh  dari pusat pemerintahan Bagdad tidak di pantau dan dibina secara intensif oleh pemerintah Abasiyah. Luasnya wilayah juga menyebabkan pemerintah  tidak  adil  dalam memberikan hak wilayah bagian dari baitul maal untuk pembangunan infrastruktur berupa bangunan fisik,  seperti  irigasi, jalan raya, jembatan pnghubung kota dan  sarana pendidikan. Sementra kewajiban  wilayah-wilayah  bagian hars disampaikan  secara  rutin ke  baitl  maal (kas  Negara).  Akibatnya banyak  wilayah  bahagian yang lepas  dan minta  merdeka  dari Abasiyah. Seperi Touland dan  Fatimiyah  di Mesir minta  merdeka  dari  Abasiyah , Sabaktakim di wilayah Persia minta merdeka dan Idrisi dan Thohiriyah di Maroko minta merdeka. Masa ini disebut masa disintegrasi  Abasiyah.
2.      Perang Salib,
 Perang  salib  yang berlangsung  selama kurang lebih  200 tahun (1096-1287M). Perang salib berlangsung di wilayah yang merupakan pusat-pusat perkembangan Islam, dimana banyak fasilitas  pendidikan dan fasilitas umum yang  rusak, sekolah,  masjid,  istanah dan lembaga-lembaga  pemerintah  atau umum yang  rusak. Selain  itu banyak masyarakat yang ikut  korban akibat  dari perang yang berlangsung selama kuran lebih 200 tahun.,  baik itu  dari  pihak  nasrani maupun  dari  pihak Islam.
3.      Serangan Tentara Mongol
Penyerangan Mongol di lakukan mulai tahun 1220 M oleh penguasa Timur Leng, Jengis Khan. Penyerangan  di mulai dari  dua  pusat  peradaban Abasiyah  di wilayah Tranxiaonia, Bukhara  dan Samarkan. Selanjutnya penyerangannya dilanjutkan  di ke daerah Abasiyah lainnya,Tajekistan, Turkistan, Armenia daerah sampai ke Anatonia.     Terakhir  tahun1258M penyerangan di arahkan ke pusat kekuasaan Abasiyah; mulai dari Syiria,  Kufah, Jaffa, Hira,  Anhar,  Damaskus dan kota Bagdad sebagai pusat kekuasaan Abasiyah tahun 1258 M dengan cara kota Bagdad di bakar dan bumi hanguskan.
4.      Berdiri Turki Usmani
Berdiri kerajaan Turki Usmani tahun 1292 M dengan membawa misi untuk menyelamatkan wilayah-wilayah Abasiyah yang telah  dihancurkan pasukan Mongol ternyata dalam kenyataannya justru ikut memperparah kehancuran Abasiyah Di wilayah-wilayah Abasiyah yang berdekatan dengan berdirinya Turki  Usmani yaitu  justru  terjadi perang  terbuka yang menyebabkan tambah  parah kekuasaan Abasiyah.

Sumber : Buku SKI XI Kurikulum 2013

No comments: